6 Souvenir Asli Khas Kebumen Yang Menggambarkan Kota Kebumen


Souvenir Khas Kebumen - Souvenir menurut para ahli merupakan suatu benda yang identik dengan sautu event atau suatu daerah tertentu, pada umumnya bentuknya ringkas, mungil serta mempunyai nilai artistik (seni). (Nurnitasari:2019) [1 ] 

Secara dasar souvenir merupakan hasil buah kerajinan tangan (handy crafts) atau kreativitas tangan para pengrajin yang mampu merubah benda-benda yang kurang atau tidak berharga menjadi salah satu produk yang mampu menarik, mempunyai nilai jual dan diminati banyak orang, terutama para pesinggah wisatawan. 

Sedangkan Khas menurut KKBI adalah kata sifat yang bersifat khusus atau teristimewa. [2 ] 
Misal hasil karya daerah kabupaten kebumen hanya dimiliki kota kebumena dan kabupaten lainnya sama sekali tidak memilikinya. 

Mestinya, arti souvenir khas kebumen adalah benda atau cindera mata yang hanya dimiliki di kabupaten kebumen sendiri dan sama sekali tidak dimiliki kabupaten lainnya di seluruh indonesia. 

Dilansir dari explore kebumen, bahwa daerah kabupaten Kebumen terkenal dengan ratusan wisatanya dari mulai desa wisata, peninggalan bersejarah, pantai, pegunungan bahkan acara adat.[3]

Nah, jadi Jika ketika anda pergi dan bersinggah di Kota Kebumen yang berslogan 'Beriman' ini , jangan lupa membeli souvenir khas asal kebumen. 

Namun sayangnya, saat ini souvenir kebumen belum dapat dijumpai disetiap wisata di kebumen, dalam artian anda harus berkunjung ke pemroduksi untuk beli atau memesan dulu baik itu melalui ofline maupun online.

Berikut Enam Souvenir Khas Asli Kebumen Dan Menggambarkan Kota Kebumen yang wajib pilih 

1. Souvenir Batik Motif Kebumen
Meski tak mempunyai arti falsafah namun batik kebumen berbeda dengan batik dari daerah kabupaten lainnya yakni batik kebumen mempunyai motif tanam-tanaman dann warnanya pun cenderung lebih kurang terang.

Batik motif tanaman Gringsing adalah salah satu motif yang menjadi andalan. Sebab motif ini unik dan merupakan batik terhalus yang diakui secara nasional dan internasional.

Beberapa desa di daerah Kebumen yang memroduksi batik di antaranya mulai Desa Tanuraksa, Desa Gemeksekti, Desa Alian, Desa Jemur, Desa Karang poh dan masih banyak lagi.

2. Souvenir Miniatur Tugu Walet
Souvenir miniatur icon kebumen ini berbentuk tugu walet lengkap dengan orangnya. 
Lebih mudahnya Anda dapat membeli lewat online maupun ofline. 

Bagi yang ingin anda bisa membeli di situs walori.com ini. 

Dan bagi anda yang menginginkan membeli ofline, Anda bisa datang langsung ketempat produksinya yakni di jalan Petanahan- Puring KM 2, Desa Kewangunan Kecamatan Petanahan.

Berdiameter Tinggi 27 cm membuat cocok dijadikan sebagai souvenir khas kebumen yang diproduksi walori ini juga cocok dijadikan cendera mata dalam bentuk formalitas maupun non formaltas seperti kedinasan, kunjungan kerja, studi banding, kunjungan keluarga dan lain-lain.

Souvenir ini sangat cocok jika ditempatkan diatas meja kerja, meja tamu, lemari ruang tamu maupun dibarengkan dengan hadil handy craft (kerajianan) lainnya.


Tugu Walet Punya Nilai Sejarah yang Panjang.
Tugu yang dibangun sejak 1975 ini merupakan icon kota Kebumen, Tugu ini mengambarkan potensi lokal yaitu daerah penghasil sarang burung walet. Banyak sisi artistik dalam icon kebumen yang berbentuk tugu walet ini seperti menggambarkan para pejuang pengunduh sarang burung walet. 

"Dahulu Tugu Lawet Kebumen menjadi simbol kemakmuran Kebumen dari bisnis sarang burung walet, dan menjadi tugu kebanggaan."

Sekarang Icon kota Kebumen ini menjadi sebuah tugu untuk nostalgia dan juga pengingat bahwa eksploitasi anugerah alam yang tak terkendali cepat atau lambat akan berujung pada penyesalan dan pewarisan kerusakan bagi keturunan. 

Yang jelas Icon Tugu Walet Kebumen ini tidak bisa berdiri tanpa cerita masyarakat dulu.

3.Souvenir Gerabah dan guci
Anda bisa mendapatkan souvenir berbentuk gerabah unik dengan motif batik di Desa Pejagatan, Kecamatan Kutowinangun. Sebab mayoritas masyarakat di sana membuat kerajinan Gerabah maupun Guci yang bermotif batik. Istimewanya, ada beberapa gerabah bermotif batik yang dibuat dengan cara yang sama disaat membuat batik. 

4. Souvenir Pandan batok
Souvenir khas kebumen selanjutnya adalah Pandan batok, souvenir ini dibuat dengan melihat potensi sumber daya alam. Sebab selain hasil bibit maupun kelapanya berkualitas Kebumen sendiri merupakan salah satu penghasil buah kelapa terbanyak di propinsi jawa tengah, terutama Kebumen bagian selatan.

Umumnya souvenir pandan batok dibuat untuk mangkok, sendok sayur, atau peralatan dan bentuk aksesoris ada juga yang dibuat lampu hias.

5.Souvenir Kerajinan Jenitri
Masih sama dengan potensi sumber daya alam lokal diatas, adalah kerajinan jenitri. Kerajinan jenitri yang berasal dari biji pohon Jenitri umumnya dibuat kalung-kalungan, tasbih dzikir, gelang kece, kunci motor maupun lainnya.

Dua tahun silam yakni kiranya di tahun 2016 silam, kerajinan ini pernah booming banyak orang manca negara berburu kerajinan ini seperti mulai dari Orang Korea, Orang Jepang, dan Orang India. Souvenir ini mudah ditemukan umumnya di daerah kebumen bagian utara atau anda bisa menghubungi kami.

6.Souvenir Anyaman Bambu
Kerajinan anyaman ini juga masih berasal dari potensi lokal sumber daya alam di kebumen. Hasil kerajinan anyaman umumnya berbentuk tas, kipas, tudung dan keranjang. Produk souvnir ini dapat banyak anda temui di Desa Tanjungsari kecamatan Petanahan.

Nah bagi anda yang mau dan sedang berkunjung di Kabupaten Kebumen yang keren ini jangan lupa membeli souvenir khas kebumen asli ini yak. Mau Pilih mana?