Inilah Sejarah Desa Banjareja Kecamatan Puring

Pada awalnya Desa Banjareja terdiri lima pedukuhan yang di pimpin dua Kepala Desa/Lurah yang masing-masing memimpin Dukuh Kebondalem dan Karangteja dan yang satu memimpin dukuh Jurupiyen, Brondong lor dan Brondong kidul.

Dan karena adanya perubahan jaman dan untuk meringkas Desa sekitar tahun 1930 kedua wilayah tersebut dijadikan satu Desa. Karena kondisi wilayah Desa yang memanjang maka kemudian disebut Desa Banjarejo. Yang dikandung maksud Banjar yang artinya Desa yang Panjang dan Rejo artinya Makmur dengan kata lain Banjarejo berarti Desa yang panjang dan masyarakatnya makmur.

Karena kebetulan pada jaman perang diponegoro dilalui oleh Pangeran Diponegoro maka jalan yang melintang di sepanjang Desa di sebut jalan Diponegoro.

Jarak (orbitrasi) Desa Banjareja dengan ibukota Kecamatan adalah 2 km, dan jarak dengan ibukota Kabupaten adalah 32 km

Secara  Geografis  dan  secara  administratif  Desa  Banjareja merupakan salah satu dari 23 Desa di Kecamatan Puring, di Kabupaten Kebumen, dan memiliki luas Wilayah 331 Ha. Panjang + 3.5 km Secara topopografis treletak pada ketinggiaan 7 meter diatas permukaan air laut.

Posisi Desa Banjareja yang terletak pada bagian barat daya Kabupaten Kebumen berbatasan langsung dengan, sebelah barat Desa Tambakmulyo, sebelah timur bebatasan dengan Desa Waluyorejo dan Purwoharjo, sebelah Utara Desa Desa Sitiadi, Desa Srusuh Jurutengah, Desa Kedaleman Wetan, Desa Kedaleman Kulon, Desa Weton Wetan, dan Desa Weton Kulon serta sebelah selatan Desa Surorejan.

Desa Banjareja terbagi atas 8 (delapan) wilayah Pedusunan, 5 (lima) rukun warga, 16 (enam belas) rukun tetangga.
Dusun Kebondalem
Dusun  Kenteng
Dusun  Karangteja
Dusun Jurupiyen
Dusun Brondong Lor
Dusun Kedungbule
Dusun Brondong Kidul
Dusun  Kunjeng

JumlahPenduduk   Desa   Banjareja   berdasarkan   Profil  Desa tahun 2013 sebesar 4090 jiwa yang terdiri dari 1986 laki laki atau 48.6% dan 2104 perempuan atau 51.4%.tersebar dalam 968 kepala keluarga (KK). Sebagian besar penduduk merupakan warga asli (pribumi) dan sebagian kecil merupakan pendatang baru. An total penduduk Desa Banjareja tersebut 99.9% atau 4088 jiwa beragama Islam, dan 0,01% beragama Kristen atau sebanyak 2 jiwa.