Sejak 1920, Inilah Sejarah Desa Kewangunan, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen

Sejarah awal mula terjadinya/berdirinya desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen tidak dapat diketahui dengan jelas. Meslipun kami sudah menggali informasi kepada para sesepuh desa (orang yang umurnya sudah sangat lanjut) namun mereka tidak mengetahui  apa  dan  bagaimana  awal  mula  terjadinya/berdirinya  desa Kewangunan. Mereka mengatakan bahwa sejak mereka dilahirkan yaitu sekitar tahun 1920 mereka sudah memaklumi bahwa mereka tinggal di sebuah desa yang bernama Kuwangunan yang kemudian pada sekitar tahun 1990 mengalami perubahan nama sedikit menjadi Kewangunan.

Masyarakat desa Kewangunan sebagaimana layaknya masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan memiliki sestem kekerabatan dan jiwa kegotongroyongan yang  tinggi.  Hal  tersebut  tercermin  dari  kepedulian  warga  yang  secara  gotong- royong saling bantu membantu dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga masyarakat  yang  sifatnya  untuk  kepentingan  umum  maupun  untuk  kepentingan yang sifatnya individual, seperti pada perbaikan jalan, perbaikan/pembangunan sa- rana ibadah dan pada kegiatan pembangunan rumah warga. Adapun bentuk gotong- royong tersebut dapat berupa tenaga, material atau juga uang. Peran serta masyara- kat dalam pembangunan pada masyarakat desa Kewangunan adalah merupakan perwujudan dari tingginya jiwa kekeluargaan serta kesadaran bahwa pembangunan desa merupakan tanggungjawab bersama seluruh warga Desa Kewangunan.

Dalam perkembangan sejarah kepemimpinan Kepala Desa (saat itu namanya LURAH) di Desa Kewangunan tercatat dalam sejarah desa Kewangunan yaitu dengan dimulainya kepemimpinan Kepala Desa ABDUL SYAKUR yang memimpin sebelum masa kemerdekaan yaitu sekitar tahun 1920 sampai dengan masa kemerdekaan RI yaitu tahun 1945. Masa kepemimpinan Kepala Desa sebelum kemerdekaan jauh berbeda dengan kondisi sekarang, pada waktu itu Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan  dan  pembangunan  belum  memiliki  pedoman  atau  ketentuan  yang jelas (seperti Undang-undang, Perda dll) karena dalam cengkraman sejarah. Kebeba- san pemimpin dan masyarakat dibatasi oleh penjajah sehingga sulit untuk berjalan.

Kemudian pada tahun 1945 Kepala Desa Kewangunan digantikan oleh Kepala Desa WIRYOSENTONO sampai dengan masa kepemimpinan tahun 1970 karena meninggal dunia. Sejak awal masa kemerdekaan suasana masih diwarnai luapan kegembiraan masyarakat atas nikmat ALLOH SWT yang berupa kemerdekaan, sehingga program- program pembangunan belum terpikir, kondisi serba belum stabil, keadaan berlanjut sampai dengan 10 tahun kemudian. Setelah itu masyarakat sudah mulai memikirkan kondisi lingkungan desa, berani berkumpul dan berpendapat.

Selanjutnya pada tahun1970 diadakanlah pemilihan Kepala Desa dan DARNUDJI mendapat dukungan terbanyak dari masyarakat desa Kewangunan untuk memimpin  desa sampai  dengan  tahun 1989. Kemudian  pada  tahun 1989  sampai dengan tahun 1998 desa Kewangunan dipimpin oleh Kepala Desa ROMELAN. Pada khir masa jabatan Kepala Desa ROMELAN, Bapak BUDI mendapat tugas untuk men- jadi Penjabat (Pj) Kepala Desa Kewangunan hingga tahun 1999 karena ada gejolak politik nasional dan imbasnya hingga ke pelosok desa Kewangunan. Kemudian peri- ode tahun 1999 hingga tahun 2007 desa Kewangunan dipimpin oleh Kepala Desa MURID AMIR MAHMUD dan dilanjutkan hingga periode tahun 2013 karena terpilih untuk ke dua kalinya. Dan untuk periode tahun 2013, desa Kewangunan dipimpin oleh SUPARDI sebagai Kepala Desa Kewangunan hingga sekarang.

Kepemimpinan dan Pembangunan Desa Kewangunan 1920-1979

Tahun 1920 Peristiwa ini ditengarai berdirinya Desa Kewangunan
Tahun 1936 Pembangunan Masjid Al Jihad
Tahun 1920-1945 adalah merupakan masa kepemimpinan Kepala DesaAbdul Syakur
Tahun 1958 merupakan pembuatan Lapangan Sepak Bola SUDIMORO
Tahun 1959 merupakan pembangunan SDN I Kewangunan
Tahun 1961 merupakan Pembangunan Bendungan DEWI LAMPET
Tahun 1945-1970 merupakan masa kepemimpinan Kepala Desa Wiryosentono
Tahun 1975 pembangunan Jembatan SASAK
Tahun 1976 pembangunan SDN II Kewangunan
Tahun 1977 pembangunan Jaringan Saluran Irigasi Wadaslintang
Tahun 1977 pelebaran Kali Rama
Tahun 1979 pembangunan Balai Desa Kewangunan

Sumber:
RPJMDes Kewangunan 2014-2019